Simulasi Menggunakan Proteus ISIS

Dalam percobaan dalam mikrokontroler kadang jika program yang kita buat mengalami kegagalan (tidak bekerja sesuai yang kita inginkan) maka akan terdapat dua kemungkinan masalah

1.      Hardware yang tidak berfungsi, atau

2.      Program yang anda buat salah

3.      Perpaduan keduanya

Nah, untuk mengatasi tersebut, kita harus melokalisir manakah yang salah dari sistem mikrokontroler kita apakah program?ataukah hardware yang tidak bekerja. Karena itulah sebelum kita mendownload program kedalam mikrokontroler maka alangkah baiknya kita simulasikan terlebih dahulu.

Salah satu perangkat lunak simulasi yang penulis gunakan adalah PROTEUS ISIS 7 Profesional. Berikut tampilan awalnya.

Kita akan ambil contoh penggunaan PROTEUS ISIS  untuk program HELLO WORLD yang telah dibahas dimuka. Saya juga telah menyediakan file skematik untuk simulasi-nya yang bisa diunduh disini. Setelah anda menginstal PROTEUS dan berhasil mengundul file yang telah saya sediakan, maka kemudian buka file tersebut dan akan tampak sebagai berikut

Setelah itu klik dua kali pada skematik mikrokontroler ATMEGA8535 sehingga akan tampil dialog sebagai berikut

Pada Program File, klik icon folder dan browse file hex atau COFF dari program hello world yang telah dikompilasi menggunakan codevision AVR tadi. Setelah selesei klik OK

Untuk menjalankan simulasi, tekan tombol icon PLAY pada panel bawah sehingga akan simulasi akan berjalan sebagai berikut :

Tampak bahwa program yang telah dibuat sudah berjalan sebagaimana mestinya yang kita inginkan. Nah, setelah berhasil disimulasikan, maka kita download ke dalam mikrokontroler beneran lalu jalankan, cara mendownloadnya telah saya jelaskan pada artikel saya sebelumnya. jika hasilnya tidak sama dengan hasil simulasi anda, maka ada masalah dengan hardware anda

Jika anda kurang jelas silahkan tanyakan :)

Perihal BEY
BEY (Belajar Elektronika Yuk) has migrated at http://elektronika.ruangtedy.net BEY telah berpindah situs menjadi http://elektronika.ruangtedy.net

27 Responses to Simulasi Menggunakan Proteus ISIS

  1. Zakky Anshary mengatakan:

    hallo mas teddy…
    salam kenal saya Zakky..

    mau tanya…

    setelah saya load source file yang berekstensi .COF… pada saat disimulasikan terdapat error :

    [COF] could not load the sorce file…

    padahal di codevision tidak ada error pada saat di compile….

    itu salah dimana ya?

    makasih

  2. si tampan mengatakan:

    Mas, sewaktu saya memasukkan komponen kok ga bisa ya?
    saat diklik ikon pensilnya, tetep ga nongol komponennya,
    tolong pencerahannya mas..

    • Tedy mengatakan:

      kadang di versi2 proteus yang crack-annya memang kadang ada yang begitu..error entar kenapa
      saya download banyak versi proteus. dan sering menemui yang seperti itu

  3. paijo mengatakan:

    tolong gan,
    gimana buat sub circuit yang conect di main schematic,
    klo bisa tolong dilampirkan caranya ato example circuit.

  4. andi mengatakan:

    mau tanya???

    kok begitu di statr muncul error mixed model AVR2.DLL fail to autorized

    itu apanya ya??

  5. fur'am mengatakan:

    nice…….
    ijin promosi gan, yang mau video tutorial proteus monggo :

    http://suandno.blogspot.com/2011/06/tutorial-proteus.html

  6. somadun mengatakan:

    Gan tolong dong, saat saya jalanin neh aplikasi proteus ketika membuat skematik rangkaian sistem minimum mikrokontroler udah ampir selesi eh.. malah suka ng-close sendiri ISIS-nya… rangkaian yang ane kerjain jadi ilang… ane harus ngulang lagi dari nol deh… kenapa ya??? kerjaan ane jadi sering sia2 kalo lupa nge-save… tolong dong, barang kali agan tau solusinya… Tolong jawabannya di kirim ke e-mail juga ya gan… makasih atas infonya…

  7. QyRadhitya mengatakan:

    Gan.. mw nanya nih..
    ane pke proteus pro 7.8..

    koq gak bsa save design dan save as design ya?
    stiap di save muncul tlisan could not open new file gitu?
    mhon pncerahannya,,

    terima kasih.

  8. hendrik mengatakan:

    mas saya waktu mensimulasikan koc eror ya….
    ada tulisan PROSPICE.DLL error….
    gak bisa disimulasikan sama sekali…..

  9. Herwin mengatakan:

    Mas saya ko gak bisa mensave design file di ISIS proteus …
    Selalu ada tulisan could not open / ………./ .,,,,,,,,,/ nama.DSN
    kenapa y mas ??

  10. gunawan mengatakan:

    misi gan, ane mau numpang tanya.. cara nggunain eprom di isis gmn ya gan?? cara mrogramnya gmn gan? hoho..thx before ya gan :)

  11. Muhammad Rvhani mengatakan:

    kalo CodeWizardAVR V2.04.4a Advanced ada gak…. minta dunk….

  12. poer_kreatif mengatakan:

    yang dikoneksikan itu file bertipe “.hex” bukan “.cof”

  13. denot mengatakan:

    mas, saya baru nyoba jg nih proteus. nyoba.nyoba rangkaian.
    untuk memasukkan tegangan AC itu gmn yah??. dari kemaren nyoba masi ga bisa.
    makasih mas

  14. irwan syukur mengatakan:

    ass.wr.wb
    gimana caranya menambahkan komponen ke sofwer isis,,,?

  15. starspot8 mengatakan:

    alo gan,
    mau tau lebih dalam mengenai proteus… mohon cerahannya…
    gimana ya kalo sudah ada programnya tapi hilang bisakah filenya saya ambil/copy lewat hardware proteus yg lain yg sudah ada programnya?….
    saya pake proteus II websitenya http://videologics.com
    mohon cerahanya….

  16. Elis Sii Elis mengatakan:

    mas, kalau komponennya gak mau di letakkan gitu. kendalanya apa yah????? aku bingung

  17. one mengatakan:

    trim’s mas bro tutornya……

  18. NetterKu mengatakan:

    Baru menggunakan program ini. Masih bingung…xiixiiii

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 127 pengikut lainnya.